Seminar Nasionar Multidisiplin Ilmu IX 2022

Jakarta (21/4/2022), Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Universitas Budi Luhur bekerjasama ngampooz menyelenggarakan kegiatan Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu ke IX 2022 (SenmiBL 2022) dan Call for Papers dengan tema “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Inovasi Teknologi dan Kewirausahaan untuk Memperkuat Daya Saing Bangsa” yang dilaksanakan secara Daring via Zoom Meeting pada hari kamis tanggal 21 April 2022 Pk.8.30 dan diikuti oleh peserta dari Dosen-dosen dari Universitas Budi Luhur dan berbagai Universitas di Indonesia, Pusat Kajian instansi pemerintah dan Mahasiswa dengan Keynote Spreaker dari Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Dr. Laksana Tri Handoko, M.Sc. yang diwakili oleh Dr. R. Hendrian, M.Sc. dari Direktur Direktorat Kemitraan Riset dan Inovasi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Invite Speaker I: Prof. Dr. med. vet. drh. Raden Wisnu Nurcahyo dari Departemen Veterinary Parasitology Universitas Gadjah Mada, Invite Speaker II: Prof. Dr. Eko Prasojo, Mag. rer. Publ dari Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, Invite Speaker III: Prof. Ir. Anton Satria Prabuwono, Ph.D., SMIEE, SMACM dari Program Magister Ilmu Komputer, Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur.

Pada SenmiBL IX 2022 ini dibuka oleh Dr. Ir. Wendi Usino, M.M., M.Sc., selaku rektor Universitas Budi Luhur. Dalam sambutannya, rektor menyampaikan ucapan terimakasih dan support nya atas terselenggaranya acara kegiatan SenmiBL IX 2022 ini.

Dr. Hendrian, M.Sc, sebagai keynote speaker menyampaikan materi tentang BRIN dan Pemberdayaan Masyarakat melalui riset dan inovasi. Dalam pemaparannya, digambarkan secara gambling mengenai profil organisasi, tugas fungsi dan kontribusi terhadap masyarakat. Brin tidak hanya sebatas mengembangkan riset-riset, tetapi secara konkrit berkontribusi secara langsung terhadap pemulihan ekonomi masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung. BRIN juga mensuport pembagunan desa melalui pogram-programnya yang mengedepankan kearifan local dan masyarakat desa sebagai subyeknya.

Prof. Eko Prasojo, memaparkan materi tentang Birokrasi Digital dan Agile Birokrasi untuk memperkuat Daya saing bangsa. Birokrasi digital merupakan jawaban dari kebutuhan masyarakat milenial yang secara prosentase meningkat jumlahnya. Masyarakat milenial menjadi terbiasa menggunakan teknologi dalam menjalankan aktivitasnya. Untuk itu, ke depan birokrasi digital harus dibangun dengan dukungan teknologi yang mempermudah dalam bekerja. Selain itu, birokrasi yang dibangun harus fleksible, karena tidak dapat dimungkiri bahwa masyarakat digital berkarakter mobile dan mengoptimalkan talenta. Birokrasi yang fleksible ini diyakini dapat mewadahi generasi milenial yang mampu menjawab tantangan prediksi secara ekonomi Indonesia di peringkat 7 dunia tahun 2030. Kegiatan SenmiBL 2022 ini pula merupakan ajang bagi para akademisi, peneliti dalam bertukar gagasan, pengetahuan, kreatifitas dan inovasi serta menghasilkan ilmu pengetahuan yang sesuai dengan bidang ilmunya masing-masing, yang akan bermanfaat bagi hajat hidup semua mahluk ciptaan Tuhan di muka bumi ini. Oleh karena itu, partisipasi aktif dari para peserta seminar ini, khususnya dosen dan mahasiswa, dirasakan sangat penting dalam upaya mencapai target UBL Emas 2029.

Video Streaming Acara SENMI BL 2022
https://www.youtube.com/watch?v=EoZZHD3MaCY