Seminar Proposal Akselerasi Penelitian Semester Gasal 2016

seminar proposal akselerasi penelitian universitas budi luhur 24 november 2016
Pembukaan oleh Dr. Umaimah Wahid, M.Si.

Seminar Proposal Penelitian adalah proses penilaian kelayakan proposal penelitian dosen yang diajukan sebagai salah satu bentuk pengembangan keilmuan. Seminar ini merupakan rangkaian kegiatan monitoring dan evaluasi (monev) yang diselenggarakan oleh Direktorat Riset dan PPM Universitas Budi Luhur.  Monev kali ini diikuti oleh para dosen dari 5 Fakultas di lingkungan Universitas Budi Luhur yaitu:

  1. Fakultas Teknologi Informasi (FTI)
  2. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)
  3. Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom)
  4. Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)
  5. Fakultas Teknik (FT)

Proposal yang dikutsertakan dalam Seminar Proposal Penelitian ini merupakan proposal yang dipersiapakan oleh para dosen yang mengikuti Program Akselarasi Penelitian. Program Akselarasi Penelitian merupakan program percepatan penelitian yang dicanangkan oleh Universitas Budi Luhur sebagai upaya serius untuk meningkatkan kualitas  penelitian para dosen. Keseriusan Universitas Budi Luhur dalam peningkatan kualitas penelitian para dosen adalah bentuk tanggung jawab dalam pengembangan keilmuan dan kesinambungan sumber daya manusia yaitu dosen Universitas Budi Luhur itu sendiri. Hal ini juga sebagai bentuk tanggung jawab akademisi sebagaimana yang diamanatkan oleh Undang-Undang yaitu pelaksanaan Tri darma Perguruan Tinggi dimana dosen tidak hanya mempunyai tanggung jawab mengajar saja, melainkan juga melakukan penelitian dan melakukan pengabdian kepada masyarakat.

Presentasi Proposal oleh Dosen Peneliti
Pemaparan Proposal Penelitian oleh Dosen Peneliti

Penelitian merupakan proses pembuktian berpikir ilmiah seorang dosen dan juga sebagai bentuk kesinambungan dosen yang bersangkutan. Hasil dari penelitian ditargetkan menghasilkan laporan penelitian dan berbagai bentuk luaran penelitian seperti artikel ilmiah, buku, proceeding bahkan diharapkan mampu menghasilkan Hak Cipta Intelektual & Paten.

Program akselarasi adalah program yang wajib diikuti oleh setiap dosen, terutama dosen pemula yang diharapkan dapat mendukung pengembangan karir dosen ke depannya. Oleh karenanya diharapkan dosen melaksanakan penelitian sesuai dengan perencanaan penelitian (roadmap) yang telah dirancang sebelumnya oleh para dosen (Workshop Roadmap penelitian telah diselenggarakan pada Tanggal 25 September 2016).

Seminar proposal yang dilaksanakan  tanggal 24 November 2015 menyertakan 25 buah proposal penelitian. Direktur Riset dan PPM, Dr. Krisna Adiyarta M  mengharapkan seminar proposal dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan rancangan proposal yang berkualitas.  Dalam seminar Proposal ini setiap proposal di-review oleh dua orang reviewer sesuai bidang keilmuan masing-masing. Para reviewer proposal dalam seminar kali ini adalah:

  1. Dr. Wendi Usino, M.M., M.Sc.
  2. Dr. Umaimah Wahid, M.Si.
  3. Denik Iswardani Witarti, Ph.D.
  4. Dr. Hadiono Afdjani, M.M., M.Si.
  5. Dr. Afrina Sari
  6. Dr. Sugiharto, M.Sc.
  7. Dr. Suharsono
  8. Dr. Sugeng Riyadi, Ak., M.Si.
  9. Dr. Cut Zurnali, S.E., M.Si.
  10. Dr.Ir Nazori AZ, M.T.

Berdasarkan hasil review, para dosen peneliti diharapkan melanjutkan proses penelitiannya.

Seminar Proposal Akselesari Penlitian ini terselenggara atas kerja Tim Kerja DRPM yaitu Dr.Umaimah Wahid,M.Si., Titin Fatimah M.Kom.,  Martini,S.E.,M.Ak., Windarto, M.Kom., Mufti M.Kom., dan Taqwa Budi, S.E.

Comments are closed.