Pelatihan Pemanfaatan Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Yang Berpotensi Paten

Salam Budi Luhur!

Jakarta (21/08/19), Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Universitas Budi Luhur bekerjasama dengan Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi menyelenggarakan Pelatihan Pemanfaatan Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat yang Berpotensi Paten Tahun 2019 di Atria Hotel Gading Serpong-Tangerang, pada tanggal 21-23 Agustus 2019.

Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari ini diikuti oleh 80 orang dosen/peneliti penerima hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat Kemenristekdikti yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Peserta berasal dari PTN dan PTS dari wilayah Provinsi Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Jawa.

Dr. Krisna Adiyarta, M.Sc ketika memberikan sambutan. (Foto dok. DRPM)

Kegiatan pelatihan dibuka oleh Dr. Krisna Adiyarta, M.Sc. selaku Direktur Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Budi Luhur. Dalam sambutannya, Dr. Krisna Adiyarta, M.Sc., menyampaikan bahwa kegiatan ini memiliki tujuan untuk membangun kemampuan praktis dalam membuat dokumen spesifikasi paten (deskripsi paten) terhadap invensi yang memenuhi kriteria paten, sehingga layak memperoleh perlindungan paten. Sasaran yang ingin dicapai dari kegiatan ini diantaranya meningkatnya pemahaman peserta mengenai manfaat sistem HKI, sistem paten dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta meningkatnya jumlah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dapat diajukan paten dan jumlah permohonan paten dari kalangan perguruan tinggi.

Pada kegiatan ini, para peserta selain mendapatkan materi-materi yang berkaitan dengan HKI dan Paten yang dipaparkan oleh beberapa pakar sebagai Tim Fasilitator, juga melalukan praktik penyusunan deskripsi paten yang dipandu oleh Tim Fasilitator. Pakar yang terlibat dalam kegiatan ini adalah Handi Nugraha, M.H. (DJKI Kemenkumham), Prof. Dr. Fili Pratama, M.Sc. (UNSRI), Ahmad Marzuki, S.Si., Ph.D. (UNS), Prof. Dr. Suyitno, M.T. (UNS), Prasetyo Hadi Purwandoko, S.H., M.S. (UNS), Dr. Dimas Indra Laksmana, M.T. (ITN Malang), Dr. Nanik Astuti Rahman, M.T. (ITN Malang), Prof. Dr. I Nyoman Widiasa, M.T. (UNDIP), Mhd. Hendra Wibowo (IPB), Elok Waziiroh, S.T.P., M.Si. (Universitas Brawijaya).

Kegiatan ini memberikan banyak manfaat bagi peserta yaitu bertambahnya wawasan, pengetahuan tentang sistem HKI secara menyeluruh, meningkatnya pengetahuan dan keterampilan praktis dalam memanfaatkan informasi paten dalam menunjang kegiatan penelitian dan pengembangan, kemampuan melakukan perencanaan strategi dan program penelitian yang berorientasi paten, serta penyusunan dokumen spesifikasi paten (deskripsi paten).

Selain itu, peserta yang memiliki draf dokumen spesifikasi Paten yang dinilai berpotensi akan difasilitasi pendaftaran patennya oleh Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual, Kemenristekdikti.

Setelah selesai kegiatan ini, peserta diharapkan dapat menerapkan wawasan, pengetahuan, dan keterampilan pada kegiatan penelitian (khususnya penyusunan proposal penelitian) dan melakukan sosialisasi serta diseminasi di lingkungan perguruan tinggi masing-masing.