No Artikel : EKO-062011-04
Judul : Kajian Tentang Sarana dan Prasarana, Pelayanan Dosen, Dan Tenaga Kependidikan, Manajemen Kemahasiswaan Serta Kurikulum Pada ASTRI BL
Bidang Penelitian : Ekonomi
Penulis : Syaiful Anwar, Slamet Mudjijah
Bulan-Tahun : Juni-2011
Abstrak : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kualitas pelayanan, dosen, tenaga kependidikan, manajemen kemahasiswaan, dan kurikulum bagi mahasiswa Akademi Sekretari (ASTRI) Budi Luhur. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengisian kuesioner oleh mahasiswa ASTRI Budi Luhur. Populasi penelitian adalah mahasiswa angkatan 2008, 2009 dan 2010. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik random sampling. Analisis data secara kuantitatif menggunakan program SPSS dan Microsoft Excel untuk mengetahui pengaruh kepuasan pada kualitas layanan terhadap pembentukan sikap mahasiswa pada almamater. Hasil penelitian kualitas pelayanan menunjukkan bahwa pertama, persentase kualitas pelayanan yang harus diperbaiki dan menjadi prioritas utama mencapai 12%; kedua pelayanan yang sudah baik dan harus dipertahankan karena dianggap penting mencapai angka 30%; ketiga pelayanan yang kurang penting dan masih kurang dapat dipenuhi mencapai angka atau kurang penting tetapi berlebihan mencapai angka 29%. Kepuasan sebagian besar mahasiswa terhadap kurikulum, pelayanan dosen, sarana dan prasarana, serta pelayanan tenaga kependidikan dan manajemen kemahasiswaan, yaitu ditunjukkan dengan angka mencapai 83%. Dengan demikian kritik/saran untuk kemajuan Akademi Sekretari Budi Luhur yang lebih baik mencapai angka yang tertinggi.
Publikasi : -
Kata Kunci : -