Kerjasama Universitas Budi Luhur dan IAES untuk Meningkatkan Kualitas Jurnal Internasional

Kerjasama Universitas Budi Luhur dan IAES untuk Meningkatkan Kualitas Jurnal Internasional

Universitas Budi  Luhur melakukan berbagai upaya serius untuk meningkatkan  kuantitas dan kualitas jurnal ilmiah internasional. Salah satu upaya yang dilakukan adalah bekerja sama dengan Institute of Advanced Engineering and Science (IAES). IAES merupakan  asosiasi cendekiawan ilmiah internasional yang bergerak dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknik yang bertujuan mempromosikan penelitian dan teknologi di bidang teknik dan bidang ilmu pengetahuan melalui teknologi digital.

Universitas Budi Luhur memilih bekerjasama dengan IAES  yang merupakan organisasi yang tumbuh cepat untuk memperoleh keuntungan dalam bidang penelitian sebanyak mungkin, melalui inovasi teknologi. Hal tersebut sejalan dengan Universitas Budi Luhur yang melekat pada perkembangan teknologi informasi.  Oleh karenanya kekuatan  dalam pengembangan teknologi informasi menjadi salah satu fokus utama UBL ditengah ketergantungan pada berbagai sektor kehidupan manusia pada teknologi komunikasi dan informais.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Universitas Budi Luhur dan IAES telah sepakat untuk menandatangani nota kesepahaman pada Rabu, 23 November 2016. Penandatangan yang diwakili oleh Bapak Dr. Krisna Adiyarta selaku Direktur Riset dan Pengabdian kepada masyarakat Universitas Budi Luhur dan Bapak Muhammad Facta, S.T., M.T., Ph.D. selaku Chairman of Institute Advanced Engineering  Indonesian Section. MoU tersebut dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan serta memperoleh manfaat yang saling menguntungkan antara kedua belah pihak dalam bidang penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan.

Kerjasama ini mencakup beberapa hal, yaitu: Pemanfataan ilmu pengetahuan melalui penelitian dan pengembangan pengetahuan dan teknologi serta pengembangan kemampuan sumber daya manusia, yang meliputi :

  1. Penelitian bersama bidnag ilmu pengetahuan dan teknologi.
  2. Pertukaran informais dan data ilmiah.
  3. Pemanfataan sarana dan prasarana yang dimiliki kedua belah pihak.
  4. Penugasan tenaga ahli, dosen, peneliti dan teknisi.
  5. Kerjasama bantuan pengelolaan manajemen jurnal ilmiah.
  6. Sosialisasi dan pensyarakatan melalui forum seminar, workshop, dan bentuk lainnya.
  7. Pelatihan peningkatan kualitas penulisan artikel ilmiah.
  8. Publikasi hasil penelitian dalam jurnal nasional dan internasional.

Melihat dari rekam jejak kegiatan yang pernah diselenggarakan IAES, seperti penerbitan jurnal internasional di bidang teknik dan ilmu pengetahuan, penyelenggaraan konferensi multidisiplin ilmu dan lokakarya bagi akademisi maupun profesional serta keterlibatannya dalam proyek-proyek skala internasional, maka dengan adanya kerjasama ini Universitas Budi Luhur berkeyakinan dapat mendorong pengembangan ilmu serta peningkatan kualitas penelitian bagi dosen-dosennya. Hal tersebut diharapkan akan meningkatkan reputasi Universitas Budi Luhur di mata masyarakat sebagai Perguruan Tinggi ilmu komputer pertama di Indonesia.

Para anggota IAES meliputi penelitian ilmuwan yang sangat baik, insinyur, sarjana, pusat penelitian dan pengembangan kepala, dekan fakultas, kepala departemen, dosen, universitas pascasarjana teknik dan mahasiswa ilmu, hardware berpengalaman dan direktur pengembangan perangkat lunak, manajer dan insinyur, dll. Oleh karenanya sangatlah tepat jika dosen-dosen UBL khususnya dosen Fakultas Informasi mempergunakan peluang ini untuk mengembangkan diri secara maksimal dengan memanfaatkan wadah kerja sama ini.

Comments are closed.